Program Studi D4 ANALIS KESEHATAN/TLM

VISI:

pada Tahun 2028 menjadi prophetic teaching program studi Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik yang menghasilkan lulusan dengan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial serta unggul di bidang Biologi Molekuler.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran D4 Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan;
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran D4 Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik serta pembinaan kemahasiswaan yang bermutu tinggi untuk menghasilkan lulusan yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, serta unggul di bidang biologi molekuler;
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik yang unggul dan bermanfaat secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di bidang biologi molekuler; dan
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik pada tingkat nasional dan internasional.

SASARAN:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran D4 Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan” adalah penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan pedoman yang berlaku, seperti Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Kompetensi ahli teknologi laboratorium medik sesuai dengan SK Menkes RI No: HK.01.07/MENKES/313/2020. Untuk menghasilkan Sarjana Terapan Kesehatan  yang  berkarakter Islami, diberikan mata kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan sebanyak 12 SKS sesuai dengan SK Rektor mengenai mata kuliah Al Islam kemuhammadiyahan yang merupakan muatan lokal ciri khas UHAMKA dan Universitas Muhammadiyah (SK Rektor UHAMKA). Tambahan kegiatan lain berupa, kajian Jumat siang bagi dosen, kajian Jumat pagi bagi tendik, shalat jamaah setiap waktu aktif di kampus, dan memulai setiap kegiatan belajar mengajar dengan baca basmalah dan tadarus, kemudian ditutup dengan hamdalah dan doa kafaratul majelis. Selain itu, skema Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) dalam sistem pendanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang minimal harus dilaksanakan satu kali oleh setiap dosen. Untuk menambah wawasan AIK kepada mahasiswa diberikan Baitul Arqam Mahasiswa (BAM) di awal dan  Baitul Arqam Purna Studi di akhir masa studi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran D4 Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik serta pembinaan kemahasiswaan yang bermutu tinggi untuk menghasilkan lulusan yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, serta unggul di bidang biologi molekuler” adalah untuk menghasilkan tenaga Sarjana Terapan Kesehatan yang terampil. Dalam hal ini diperlukan kerjasama dengan lahan praktek yang memadai untuk menunjang keterampilan mahasiswa dalam penanganan pasien di laboratorium klinik. Untuk memenuhi keunggulan prodi, maka pendidikan dan pengajaran ini akan diarahkan dalam bidang Biologi Molekuler. Dalam hal ini, Prodi aktif dalam wadah Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (AIPTLMI) dalam penyusunan standar kompetensi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), penyusunan kurikulum nasional ATLM, serta pelaksanaan Uji Kompetensi (UKOM) ATLM baik Computer Based Test (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Bagi mahasiswa, pelatihan kepemimpinan dan organisasi diselenggarakan oleh internal universitas setiap tahun ajaran dan diikuti oleh seluruh mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik yang unggul dan bermanfaat secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di bidang biologi molekuler”, yaitu dengan mewajibkan setiap dosen untuk melakukan minimal satu penelitian dan satu  pengabdian masyarakat per tahun. Selain itu, dalam setiap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat juga melibatkan mahasiswa. Adapun sesuai dengan keunggulan prodi, maka baik penelitian maupun pengabdian masyarakat diarahkan ke bidang biologi molekuler.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam bidang Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medik pada tingkat nasional dan internasional” adalah menambah jumlah lahan praktek mahasiswa seperti rumah sakit secara lokal dan nasional di seluruh Indonesia. Kerjasama internasional sudah dilaksanakan dengan University College MAIWP International (UCMI), Management and Science University (MSU), Universiti Teknologi MARA (UiTM), International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia (PCIM Malaysia)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Rajaindo, Hahabola, https://epusluh.bppsdmp.pertanian.go.id/2024/, https://epusluh.bppsdmp.pertanian.go.id/portal/public/uploads/thai-gacor/, https://lsp.unisba.ac.id/berita/